Lighting Designer

Sunday, May 31, 2009

Lights & Circadian clock


Cahaya menyentuh setiap bagian dari kehidupan kita sejak dilahirkan sampai kita meninggal dunia dan bahkan sesudahnya....Ia menopang kehidupan kita, memberikan kita kemampuan utk melihat krn meskipun memiliki mata ,...tanpa cahaya maka takkan ada yg nampak, Ia meberikan kita rasa akan perbedaan waktu......merasakan musim dan yg mengatur Circadian clock kita 24jam sehari..(Circadian clock adalah siklus yang mempengaruhi kondisi psikologis & fisiologis manusia dari saat bangun dipagi hari sampai ketika tidur dimalam hari)...

Kita merasa enjoy saat matahari bersinar,...dan merasakan suasana romantis di Bulan purnama,... tanpa cahaya tak mungkin ada bayangan...Bayang-bayangan bisa menggoda dan dapat pula menakutkan...

Cahaya yg terang serasa melindungi , membuat kita merasa aman, nyaman & tenang akan tetapi dengan sedikit cahaya apalagi tanpa cahaya kita akan merasa cemas, takut dan tegang....!!!!
Oleh sebab itu Kwalitas dan kwantitas cahaya memberikan efek yg sgt besar secara fisik & psikis.. kepenatan mata yg secara nyata mempengaruhi semangat kerja & produktifitas...,mata sakit dpt disebabkan oleh kemilau cahaya, baik secara langsung maupun pantulan cahaya karena tidak ditata sedemikian rupa dengan benar, baik secara kwalitas maupun kwantitas.
Pencahayaan lampu juga menyebabkan
  • Seasonal Affective Disorder (SAD),
  • Sleep disorder dan
  • Jet lag.

SAD adalah kondisi klinis yg diakibatkan oleh 'waktu' yg lbh pendek dlm sehari karena terlalu sedikitnya sinar matahari selama musim gugur dan musim dingin......Gejala yang ditimbulkan oleh kondisi seperti ini adalah kehilangan enerji secara fisik, depresi, emosional dan meningkatnya nafsu makan serta nafsu tidur.

Sleep Disorder mungkin boleh kita terjemahkan secara gamblang dengan Kekacauan Tidur. Hal ini terjadi karena sesungguhnya siklus tidur memang sangat dipengaruhi oleh hubungannya pada cahaya.....Oleh karena itu orang akan lebih bersemangat melakukan aktifitas berkerja pada saat ketika matahari bersinar, dan sebaliknya passion kita beraktifitas cenderung melempem ketika cuaca mendung serta lebih nyaman, tenang & nyenyak bobo ditemaram cahaya.
Jet lag biasanya terjadi pada orang yang kehilangan orientasi ketika terlalu lama berada didalam pesawat terbang yang menyebabkan gejala bervariasi seperti kekacauan tidur sampai permasalahan pencernaan...............!!!


WE BRING SPACES TO LIFE
WE CHANGE THE WORLD
WE STAND FOR THE POWER OF LIGHT TO TRANSFORM
WE ARE THE LIGHTING DESIGNER

2 comments:

  1. hi, boleh liat g hasil2 desain dari JP lighting? biar ada bayangan nyata gitu:) masih bingung ni.thanx ya..

    ReplyDelete
  2. Hi,..
    JP Lighting sudah, sedang & akan terus mengerjakan proyek2 penataan cahaya profesional pd gedung ,monumen serta residensial, apabila anda berminat menggunakan jasa kami silahkan hubungi alamat kami & bayangan nyata serta kebingungan anda segera dpt teratasi...terima kasih.

    rgds,
    JP Lighting

    ReplyDelete