Lighting Designer

Wednesday, June 3, 2009

Memahami Lighting Design & manfaatnya



Pencahayaan memiliki kemampuan unik dalam mengungkap dunia disekeliling kita, mempertajam persepsi pandangan dan serta fungsi penerangan disekitarnya.
Penerangan juga dapat memperindah ruangan dan menjelmakan suasana hati yang berbeda & tak terhingga, akan tetapi ia juga bisa membuat ruangan menjadi semu, sumpek dan tidak menarik apabila tidak diaplikasikan dengan pemikiran ,perhatian dan pengetahuan yang mendalam sebab Penerangan yg baik tdk terjadi begitu saja tetapi harus dirancang. (Good Lighting doesn't just happen, It's designed). dikutip dari motto IALD International Association of Lighting Designers
Para Perancang Pencahayaan (Lighting Designer) maupun Konsultan Penerangan (Lighting Consultant) berpengalaman memahami betul ilmu pengetahauan yang rumit ini.
Mereka juga mestinya menguasai perangkat-perangkat kerja dan perangkat lunak yang sangat membantu dalam melaksanakan tugas, mengetahui produk-produk Lampu terbaik dunia serta menguasai bagaimana memanfaatkannya secara efektif.
Bekerja sama dengan para Arsitek, Perancang Interior, Kontraktor utama maupun pemilik proyek, mereka menciptakan rancangan yang spesifik dengan jaminan kwalitas terbaik secara konsisten.

Walaupun Arsitek ,Perancang Interior dan para insinyur lain ‘selalu bisa’ menggambarkan tata letak titik-titik lampu ,tetapi karena bidang dan tanggung jawabnya tidak spesifik dan melebar, umumnya kebanyakan dari mereka tidak memiliki kemampuan yang benar tentang teknologi pencahayaan dan tata cahaya yang sesungguhnya.

Oleh karena itu banyak perusahaan kontraktor maupun konsultan memberikan atau mensubkan pekerjaan perancangan tata cahaya kepada Agen-agen dari pabrik atau toko penjual lampu yang hanya memiliki sedikit pengetahuan tentang teknik pencahayaan yang tepat ,baik & benar serta tidak sungguh-sungguh memahami keinginan maupun kebutuhan klien, sehingga mereka hanya akan melakukan rancangan berdasarkan spesifikasi ,struktur harga dan stok barang yang dijualnya.

Seorang Arsitek atau Disainer Interior yang merekomendasikan Lighting Consultant/Lighting Designer bukanlah berarti telah menunjukkan kelemahan atau minimnya pengetahuan mereka tentang lampu penerangan. Akan tetapi justru merupakan kebalikan dari persepsi banyak pendapat orang, karena dengan merekomendasikan pekerjaan tersebut kepada pihak yang kompeten dibidang Lighting design ,maka sesungguhnya mereka memahami tentang betapa pentingnya proyek yang mereka tangani dan tahu kapan harus memanggil ahlinya sehingga potensi paling optimal dari proyek mereka dapat dicapai.
Sesungguhnya tak pernah ada istilah terlalu dini menghubungi seorang Lighting Designer ,tetapi sebaliknya bisa jadi akan sangat terlambat.
Idealnya seorang Lighting Designer sudah diajak menjadi bagian dari tim selama masa perencanaan. Pemilik proyek, Arsitek dan atau Disainer Interior seharusnya sudah memiliki dasar tata letak dan rancangan penerangan dari sejak masa perencanaan sehingga sentuhan cita rasa, kebutuhan, batas tanggung jawab dan tantangan dalam pelaksanaan proyek dapat dikomunikasikan diantara tim perancang & perencana.
Dengan terlibatnya Lighting Designer sejak dini sebelum Rencana Pembangunan berlanjut , maka Ia akan bisa memberikan masukan ,saran & pendapat tentang sisi Arsitektural maupun bagian Interior yang mungkin dapat mempengaruhi sistem penerangan ,estetika ruangan dan lain sebagainya dengan mengkonsultasikan rincian atas rancangan yang dibuatnya. Oleh karena itu semakin cepat anda mengajak seorang Lighting Consultant terlibat didalam setiap pertemuan membuat rancangan ,maka sistem penerangan dan arsitektur akan menjadi semakin menyatu secara menyeluruh, tetapi sebaliknya semakin telat anda melibatkan Lighting disainer ,maka semakin besar bahan renungan penyesalan anda dikemudian hari karena semakin banyak pula perencanaan desain yang mesti harus anda kompromikan.
Seorang konsultan penata cahaya professional memahami persis cara bagaimana mengatur warna ,tekstur, bentuk serta bayangan yang dipoles sedemikian rupa dengan kreatif sehingga memberikan bentuk dan efek yang diinginkan. Hal ini hanya bisa tercapai dengan menggunakan perangkat yang tepat & pengetahuan yang benar-benar komplit atas semua jenis lampu dengan perfomanya.
Suatu rancangan yang mendapatkan sentuhan Lighting design adalah dimana seluruh titik lampu, baik itu lampu yang menempel diplafon, lampu down light, wall washer, lampu spot ,lampu dinding ,lampu gantung, lampu chandelier ,lampu linear dan lain sebagainya dipasang dengan dasar fungsi ,peranan serta alasan yang spesifik, menyatu dalam keseimbangan estetika ruangan, presisi dan sangat ideal sehingga peran dan fungsi penerangannya mampu memberikan nuansa-nuansa yang senantiasa dapat dikendalikan sesuai kehendak maupun situasi dan suasana hati.
Sentuhan Lighting designer juga termasuk memberikan kontribusi terhadap konservasi alam, penghematan enerji, kemudahan perawatan ,keamanan ,kesehatan ,keindahan maupun solusi dalam hal pencahayaan pada lokasi2 tertentu.
Bila anda sedang memulai suatu proyek ataupun sedang bersiap untuk memperbaharui ruangan yang sudah ada ,maka ingatlah satu komponen yang terpenting untuk suksesnya proyek anda adalah rancangan penerangannya. Apabila tujuan anda untuk mendapatkan atmosfir yg diidamkan, konservasi enerji, efek suasana hati, pemanfaatan ruangan tepat guna atau ingin mengimplementasikan sistem kontrol otomatisasi, maka adalah hal yang sangat bijaksana dan menjadi investasi penting bagi anda mencatat nomor panggil dan atau e-mail kami sebagai konsultan tata cahaya professional yang dapat anda handalkan.
Di JP Lighting Designer, kami selalu menyesuaikan setiap jasa konsultasi rancangan pada kebutuhan ,selera & keinginan masing-masing klien, dari perencanaan yang sederhana maupun perencanaan tata cahaya yang kompleks, kami akan melengkapinya dengan gambar CAD 3D dan spesikasi semua jenis rumah lampu, detail lampu-lampu khusus, gambar foto metric, data konsumsi beban, gambar simulasi, denah sistem dan program serta administrasi pelaksanaan.
Untuk merancang sistem penerangan yang lengkap baik & benar ,kami akan lebih suka melaksanakan pekerjaan sedini mungkin agar dapat menguasai serta memahami keinginan maupun objektifitas klien kami, karena hanya dengan demikian kami bisa secara simultan berkoordinasi dengan tim perencana lain agar dapat mengintegrasikan ide-ide mereka supaya keindahan karya desain Arsitektur dengan Pencahayaan yang baik dapat berhasil dicapai secara keseluruhan sesuai fungsionalitasnya. Selama masa konstruksi ,kami senantiasa siap melakukan kunjungan-kunjungan proyek untuk tujuan koordinasi demi mengantisipasi permasalahan yang timbul supaya bisa selalu memastikan seluruh rancangan penerangan kami dapat direalisasikan.
Setelah melakukan penyetelan & peyesuaian terhadap semua lampu serta merampungkan pemograman sistem seperti yang diinginkan klien, maka efek penerangan yang sangat berbeda dapat langsung dirasakan dan dinikmati. Skop keahlian kami mencakup , disain penerangan rumah mewah, gedung komersial, gedung kantor, hotel, Rumah sakit, museum, Gedung peninggalan zaman, tugu peringatan, taman dan lain-lain.
PS,
“Concept” includes the soul of your project.
It is a thin red thread that has to be followed through the entire design process.
It is the same whether the project is small or large.
It has to have a soul - it has to Rock and it has to Roll…!
Design is an attitude, and if it has soul, then you have the chance of producing something that will be good.
by :
JP Lighting Designer
Medan-North Sumatera,Indonesia
(Think Light, Think Quality)

2 comments:

  1. artikel yg menarik
    kak... bahas donk lighting di rumah sakit..
    ak lg bikin skripsi ttg pencahayaan buatan susah cari apliaksi rumah sakit d.indonesia yg dah pke lighting buat mengurangi stress pasien..

    add Fb ak y..kak fitri dita

    help me :)

    ReplyDelete
  2. thanks dita...,
    utk request km ntar gue usahain yaaa....!!
    btw, km ftri dita yg mana ..?? km add aq aja di fb Ok :-) tq

    ReplyDelete