Lighting Designer

Sunday, May 31, 2009

11 Guidelines 4 the right Lights

Pencahayaan yg baik dibutuhkan agar kondisi visual didalam sebuah bangunan menjadi optimal. Ketika merencanakan instalasi penerangan, sejumlah faktor sangat mempengaruhi & harus dipertimbangkan utk menentukan kualitas systemnya secara menyeluruh.Sesuai dgn judul diatas, berikut ini ada 11 faktor yg sgt berguna sebagai informasi utk menciptakan solusi penerangan yg memenuhi seluruh kebutuhan user serta sebagai pedoman utk menyelenggarakan kondisi kerja yg effisien.

1.Iluminansi yg memadai.
Kemampuan mata manusia sebagian besar tergantung pada level iluminansi pada apa yang dilihatnya. Begitu iluminansinya meningkat, motivasi dan perfomansnya secara menyeluruh juga meningkat, sementara itu tendensi utk berbuat kesalahan/silaf saat berkerjapun menurun.

2.Distrubusi Iluminansi yg harmoni.
Perimbangan distribusi iluminansi pd berbagai permukaan membuat visualisasi interior menjadi menarik. Dilain pihak, Iluminansi yg tidak memadai/kurang atau terlalu kontras menyebabkan kepenatan visual dan capek.

3. Kontrol terhadap kilau lampu yg baik.
Lampu yg menyilaukan didalam suatu ruangan dpt membuat pandangan berkurang secara signifikan...pada level tertentu juga dapat sangat mengganggu serta menyebabkan mata menjadi sakit.

4. Perbandingan KOntras yg baik (accent factor).
Kontras penting bagi mata manusia agar mampu membedakan antara suatu objek dgn latar belakangnya. Sistem penerangan dengan perbedaan kontras yg baik tdk menyebabkan pantulan cahaya yg menyilaukan ,meskipun cahaya tersebut menerpa benda mengkilap dan dokumen, text pd dokumen dapat dgn mudah dibaca meskipun tercetak di glossy paper dan sejenisnya.

5. Arah cahaya yg tepat.
Mengarahkan cahaya dengan tepat kesuatu permukaan kerja sangat penting dilakukan dgn menentukan sudut pantulan maupun sisi bayangan yg ditimbulkannya.. hal ini akan sgt mengganggu dan bahkan berbahaya kalau posisi bekerja berada dibalik bayangan suatu benda atau pantulan cahayanya justru langsung menerpa mata.

6. Kondisi bayangan yg menyenangkan.
Bayangan menguatkan pandangan visual 3 dimensi serta menyelaraskan orientasi. Kondisi bayangan yg bagus adalah hasil dr perpaduan efektif dr tebaran cahaya dengan cahaya yg diarahkan.

7. Penampilan warna yg pantas.
Secara alami, penampilan sinar matahari berubah sepanjang hari (subuh~magrib) maka cahaya buatan dpt juga dibuat dgn penampilan cahaya maupun warna alami utk mendukung fungsi2 penerangan yg bervariasi maupun utk suasana hati (mood). // lihat cool white,daylight & warm white.

8. Penerjemahan warna alami.
Hanya warna2 spektrum yg terkandung dalam cahaya yg bisa dipantulkan oleh suatu benda dan dirasakan oleh mata manusia.Color Rendition merupakan ukuran terhadap kemampuan sumber cahaya buatan menampilkan warna alami sesungguhnya dari suatu objek.

9. Atmosfir penerangan yg efektif.
Cahaya mempengaruhi suasana hati dan perasaan gembira, secara tak sadar diri kita bereaksi terhadap suatu interior ruangan dgn pencahayaannya.Tahun2 terakhir ini perhatian terhadap pentingnya atmosfir pencahayaan di tempat kerja semakin ditingkatkan...

10. Konsumsi enerji yg effisien.
Kebutuhan dasar dari perencanaan lighting masa kini adalah ketelitian terhadap penggunaan enerji yg ekonomis. Berbagai solusi tersedia saat ini yg tidak hanya berhubungan dgn instalasi2nya tetapi juga terhadap perbaikan dan pembaharuan system2 tua yg tidak effisien.................

11. Mencegah Polusi Cahaya (Light Pollution).
Polusi cahaya disebabkan oleh lampu/sinar yg mengarah ke langit dan atau oleh cahaya yg dipantulkan dari bumi maupun benda2 disekitarnya. Terang benderangnya langit menyebabkan kita masyarakat umum dan bahkan astronom tidak dapat melihat bintang2 di langit lagi.........to be continued on next posting by Joe Philip & thank you for your time.

1 comment:

  1. Thanks, Joe....Informasi yang sangat menarik dan bagus buat pemula dan user !!!

    11 point ini menunjukkan ke user bahwa para arsitek gak mungkin bisa menangani pekerjaan Lighting...karena bukan bidangnya.

    ReplyDelete